• Home
  • |
  • 5 Aneka Jajanan Tradisional Indonesia yang Tak Akan Pernah Tergantikan

December 31, 2020

5 Aneka Jajanan Tradisional Indonesia yang Tak Akan Pernah Tergantikan

Banyak jenis-jenis kuliner yang cukup unik dengan rasa yang enak dan bermacam-macam. Seperti dilansir dari zonamakan.com, bermacam bentuk, bermacam rasa dan bermacam kreasi yang dapat muncul pada makanan dan bahkan berbagai macam tipe makanan tersebut seperti makanan berat atau makanan ringan, atau bahkan berbagai macam makanan pembuka, makanan utama sampai makanan penutup. Saat ini kita akan membahas tentang makanan ringan atau sering disebut dengan cemilan atau juga jajanan.

Jajanan pun juga berbagai macam bentuk dan inovasinya, ada jajanan modern seperti snack-snack dengan kemasan dan merk, ada juga jajanan yang tidak bermerek tetapi disajikan dengan bentuk yang modern seperti di mall, di cafe dan sebagainya. Ada juga jajanan tradisional yang sudah ada sejak dulu dan jajanan ini dibikin dan dikemas dengan bahan dan kemasan yang tradisional seperti, lemper, nasi yang seperti lontong dikemas dengan daun pisang dan didalamnya ada berbagai macam isiannya. Ada juga klepon, makanan tradisional yang dikemas dengan daun pisang dan masih banyak lagi. Dan disini kita akan membahas jenis-jenis jajanan pasar. Demikian penjelasannya,

1. Klepon

Jajanan tradisional yang pertama yaitu ada klepon. Klepon merupakan jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras ketan yang didalamnya terdapat isian gula merah sebagai pemanis klepon tersebut dan klepon ini berbentuk bulat-bulat berwarna hijau dan diatasnya dikasih toping parutan kelapa. Jika kalian hendak memakannya pastikan kalian langsung memakannya semua tanpa ada yang tersisa maka nanti klepon tersebut ketika digigit akan seperti pecah dan gula merahnya lumer dimulut.

2. Onde-onde

Jajanan tradisional yang selanjutnya yaitu ada onde-onde. Onde-onde merupakan jajanan tradisional yang biasanya di jual di pasar tradisional atau biasanya ditemukan di bakul sayur pinggir jalan. Onde-onde adalah jajanan yang sangat terkenal di Indonesia terkhususnya di jawa karena rasanya sangat nikmat dan bikin ketagihan. Onde-onde ini menggunakan bahan dasar seperti klepon tetapi bentuknya yang lebih besar dan lebih tebal dibanding dengan klepon dan diatasnya terdapat taburan wijen dan isiannya bukan gula merah tetapi kacang hijau yang manis dan nikmat.

3. Lemper

Jajanan tradisional yang selanjutnya yaitu ada lemper. Lemper merupakan cemilan atau jajanan tradisional yang biasanya terdapat di pasar tradisional atau juga sekarang dapat ditemukan di toko jajanan kue dan roti. Lemper adalah jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dikukus dengan daun pisang dan didalamnya terdapat isian yang bermacam-macam seperti, ayam, abon, dan juga kentang balado. Jajanan ini juga dapat mengganjal perut jika kalian belum makan.

4. Dadar Gulung

Jajanan tradisional yang selanjutnya yaitu ada dadar gulung. dadar gulung merupakan kue yang teksturnya seperti telur berwarna hijau dengan isian parutan kelapa dengan gula merah yang digulung. Dadar gulung ini sangat nikmat dan enak, rasanya yang manis dan ada parutan kelapanya yang menambahkan rasa gurih dari jajanan ini.

5. Nagasari

Jajanan tradisional yang selanjutnya yaitu ada nagasari. Nagasari merupakan jajanan yang diincar para anak kecil karena rasanya yang manis dan membuat ketagihan. Nagasari terbuat dari bahan dasar tepung beras yang direbus memakai santan. Didalamnya juga terdapat pisang sebagai isiannya dan dikemas dengan daun pisang sehingga membuat bau jajanan tersebut semakin nikmat dan harum.

Related Posts

Resep Masak Coto Makassar Yang Praktis dan Lezat

3 Resep Kerang Asam Manis yang Cocok Untuk Menu Berbuka dan Sahur

Cara Membuat Minuman Kopi Arabika yang Enak

Catering Aqiqah Jakarta Selatan yang Amanah Pemesanan Lebih Mudah

admin1


Your Signature