• Home
  • |
  • Bagaimana Memilih Cat Interior untuk Tembok Lembab?

February 16, 2021

Bagaimana Memilih Cat Interior untuk Tembok Lembab?

Tembok yang lembab merupakan tempat favorit bagi jamur untuk tumbuh dalam jumlah banyak. Apabila tidak langsung diperbaiki dan dilapisi ulang dengan cat interior untuk tembok lembab pasti akan mengurangi keindahan rumah Anda.

Bukan hanya itu, tembok lembab yang ditumbuhi jamur juga berpengaruh buruk bagi kesehatan. Spora jamur yang terhirup kemungkinan besar akan menjadi racun dalam tubuh. Agar dapat terhindar, sebaiknya ketahui dulu penyebab dan cara memilih cat yang mampu melindungi tembok.

Penyebab Tembok Rumah Menjadi Lembab

Tembok rumah yang lembab dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Air Hujan yang Merembes

Apabila tembok menjadi lembab saat musim hujan, maka dapat dipastikan ada air hujan yang masuk ke dalam rumah dan merembes ke dinding. Oleh sebab itu, Anda harus mengecek apakah ada bagian atap rumah yang bocor demi menghentikan rembesan air.

2. Saluran Air yang Bocor

Umumnya, setiap rumah memiliki saluran air bersih dan saluran air kotor. Apabila Anda memiliki keduanya, maka pastikan pipa saluran tersebut tidak ada yang pecah atau retak.

Sebab, kebocoran saluran air bersih maupun kotor bisa membuat tembok menjadi lembab karena meresap ke bagian dalam. Selain itu, pipa yang tidak kedap air juga menyebabkan air merembes keluar dan masuk ke tembok.

cat tembok

3. Air dalam Bak Mandi yang Meresap

Tembok yang lembab juga dapat disebabkan oleh meresapnya air dalam bak mandi ke tembok. Hal tersebut biasanya terjadi apabila dinding bak mandi tidak diberi keramik ataupun dilapisi dengan cat interior untuk tembok lembab sehingga tingkat kekedapan airnya berkurang.

4. Adanya Sumber Air dalam Tanah

Tembok yang tiba-tiba lembab namun tidak ada kebocoran atap maupun saluran air, maka kemungkinan disebabkan oleh sumber air dalam tanah.

Air yang ada di dalam tanah dapat naik ke tembok dengan adanya gaya kapiler. Semakin tinggi air tersebut meresap dan naik, maka tembok rumah Anda akan semakin terasa lembab.

Biasanya, air yang terserap dari bawah tersebut bisa berasal dari air pot bunga yang Anda tanam. Maka dari itu, usahakan jangan terlalu berlebihan menyiramkan air ke pot dan beri jarak yang jauh dari dinding rumah.

Tips Memilih Cat Interior untuk Tembok Lembab

Selain memperbaiki bagian yang bocor, cara lain yang juga perlu Anda lakukan adalah menggunakan cat interior untuk tembok lembab agar permukaan dinding terlindungi sempurna. Berikut cara memilih mana cat dinding yang bagus untuk mencegah kelembaban:

  • Pilihlah cat yang diformulasikan khusus untuk ruangan yang lembab.
  • Pastikan cat yang Anda beli memiliki ketahanan kuat terhadap jamur, bakteri dan kotoran yang berbahaya.
  • Prioritaskan cat yang memiliki tingkat daya tutup tinggi dan tidak gampang mengelupas.
  • Pilihlah cat yang dilengkapi dengan teknologi waterproof dan weatherproof sehingga dinding lebih tahan banting dan awet.
  • Pilihlah cat interior yang tahan leleh dan tidak memiliki bau menyengat.
  • Pastikan cat interior tersebut tidak mengandung campuran bahan berbahaya seperti merkuri dan timbal.
  • Sebaiknya pilih warna cat yang terkesan bersih dan terang sehingga Anda dapat menyadari dengan cepat kalau ada jamur yang tumbuh.
  • Prioritaskan cat yang hasil akhirnya halus dan warnanya tidak mudah pudar.
  • Tidak ada salahnya memilih cat anti lembab dan anti bocor yang serbaguna sehingga bisa diaplikasikan pada dinding, asbes, seng dan genteng untuk perlindungan yang merata.

Dinding rumah yang lembab memang membuat tidak nyaman dan mengancam kesehatan. Anda harus gerak cepat untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan mengganti cat.

Namun sebelum mengaplikasikan cat, pastikan untuk mengupas lapisan cat yang lama terlebih dahulu. Kemudian, bersihkan seluruh permukaan dinding dari debu, kotoran dan jamur. Setelah itu, baru aplikasikan cat dasar lalu disusul dengan cat finishing.

Related Posts

Bahaya Septic Tank di Dalam Rumah yang Wajib Diketahui

Ketahui Cara Menghitung PPN untuk Rumah Baru

Estimasi Biaya Borongan Bangun Rumah per M2 Secara Mudah

Hal Penting dalam Membangun Rumah Menurut Islam, Sudah Tahu?

admin1


Your Signature