• Home
  • |
  • Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Farmasi?

April 30, 2021

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Farmasi?

Pemilihan jurusan kuliah bagi lulusan SMA mungkin menjadi salah satu fase yang cukup berat. Apalagi kuliah menjadi salah satu tahapan penting sebelum akhirnya bisa mendapatkan ijazah untuk mencari pekerjaan yang layak. Salah satu jurusan yang dikenal memiliki peminat cukup banyak khususnya dalam bidang Saintek yakni Farmasi. Nah, bagaimana prospek kerja Farmasi?

Apa Itu Jurusan Farmasi?

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang jurusan farmasi dan serba-serbi terkait prospek pekerjaannya, langkah lain yang perlu kamu tahu adalah apa itu farmasi? Apa saja yang dipelajari? Jadi, jurusan farmasi merupakan jurusan yang belajar tentang obat-obatan. Sesuai namanya maka jurusan ini pastinya akan mencetak ahli pembuatan obat yang sangat handal. Oleh sebab itu, seseorang yang mengambil jurusan farmasi lalu melanjutkan mengambil profesi apoteker. Nantinya orang tersebut akan menjadi seorang apoteker yang dapat meracik obat sesuai standar.

Alasan Memilih Jurusan Farmasi

Mengapa jurusan farmasi menjadi salah satu jurusan favorit? Hal ini sebenarnya karena banyak orang memilih jurusan ini dengan berbagai alasan. Pertama, Farmasi dibutuhkan dalam segala lini kesehatan mulai dari layanan kesehatan puskesmas, rumah sakit, klinik pengobatan, hingga laboratorium klinik. Seorang ahli farmasi diberikan tanggung jawab besar dalam hal pembuatan serta peracikan obat.

Selain itu tidak hanya untuk skala medis, namun lulusan farmasi juga akan sangat dibutuhkan dalam instansi pemerintah misalnya BPOM untuk menguji apakah bahan makanan / minuman aman digunakan atau tidak.

Prospek Kerja Farmasi

Nah, sudah cukup tahu sekilas apa itu jurusan farmasi dan beberapa alasan mengapa harus memilih jurusan ini bukan? Selanjutnya, cari tahu juga tentang prospek kerja jurusan farmasi. Bisa dikatakan bahwa jurusan farmasi memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Prospek kerja pertama yang bisa kamu pilih nantinya setelah lulus dari jurusan farmasi yakni di bidang farmasi industri.

Biasanya lulusan farmasi akan ditempatkan di bagian research and development sebuah perusahaan industri dan nantinya berperan dari proses penentuan formula, pembuatan, penentuan spesifikasi produk yang diinginkan dalam proses pembuatan obat. Selain itu, gaji yang ditawarkan juga cukup menjanjikan mulai dari 4 juta hingga 8 juta tiap bulannya.

Jika tidak ingin bekerja langsung dalam pembuatan obat, prospek jurusan farmasi lain yang bisa kamu pertimbangkan yakni dengan menjadi pengusaha. Lulusan farmasi juga bisa menjadi pengusaha misalnya saja membuka apotek, apalagi jika kamu sudah lulus sebagai apoteker dan memiliki berbagai persyaratan yang dibutuhkan dalam membuat apotek tentu saja kamu bisa mencoba peruntungan sebagai pengusaha. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini jika ingin menjadi kaya, maka jadilah pengusaha.

Selanjutnya, jika kamu merupakan orang yang lebih suka bertemu dengan banyak orang maka prospek kerja farmasi sebagai penyuluh kesehatan pantas untuk kamu pertimbangkan. Umumnya penyuluh kesehatan memang sebagai seorang pegawai negeri sipil yang diangkat oleh pemerintah. Ketika kamu menjadi lulusan mahasiswa farmasi dan mendaftar sebagai tenaga penyuluh kesehatan tentu saja kamu akan langsung berhubungan dengan masyarakat.

Penyuluh kesehatan merupakan orang yang memiliki tugas untuk mengumpulkan, menganalisis, mengidentifikasi kebutuhan masyarakat sebelum akhirnya dapat merencanakan, melaksanakan, memantau, serta mengevaluasi berbagai program yang nantinya berguna untuk mendorong gaya hidup yang lebih sehat. Penyuluh juga berperan dalam pengelolaan sumber daya fiskal program kesehatan. Jika kamu ingin tahu lebih banyak prospek jurusan lain, kunjungi gokampus.com.

Related Posts

Serba-serbi Mengenai Kelas Karyawan yang Penting untuk Diketahui

Seberapa Besar Pentingnya Les Calistung Untuk Anak

Inilah Pilihan Jurusan Kuliah Terfavorit 2020-2021 di Indonesia

Berbagai Beasiswa di PPM School of Management 

admin1


Your Signature