• Home
  • |
  • HP Tidak Sengaja Masuk ke Dalam Air? Jangan Panik, Lakukan Beberapa Hal Ini

April 20, 2021

HP Tidak Sengaja Masuk ke Dalam Air? Jangan Panik, Lakukan Beberapa Hal Ini

Terkadang beberapa kali kita bisa mengalami kejadian apes, salah satunya adalah ketika HP masuk ke dalam air tanpa disengaja. Tentu saja umumnya kita akan merasakan kepanikan, karena mungkin di dalamnya terdapat data-data penting yang tidak boleh hilang.

Memang beberapa tipe HP pada merk tertentu saat ini diklaim memiliki ketahanan pada air. Namun, tentu saja hal tersebut terdapat batasannya dan jika melebihi batas tertentu maka HP juga akan mengalami kerusakan.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara yang tepat yang harus dilakukan ketika HP masuk ke dalam air? Tenang, kami sudah merangkum beberapa hal dasar yang harus kamu lakukan agar HP kamu tetap dapat diselamatkan dan bisa digunakan dengan normal.

HP Terkena Air

1. Selamatkan HP dari Sumber Air

Hal pertama yang sudah pasti harus kamu lakukan adalah dengan mengambil HP dan menjauhkannya dari sumber air tersebut. Meskipun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, meskipun HP kamu diklaim memiliki ketahanan air, jangan pernah dibiarkan begitu saja.

Kamu tetap harus mengambil HP tersebut dan jangan sampai terkena air dalam jangka waktu lama. Pada beberapa kasus, HP juga kerap terkena air saat sedang makan atau minum. Pada kasus ini hal yang harus dilakukan juga sama.

Namun, catatan khusus jika HP kamu saat terkena air tersebut sedang dalam kondisi terhubung dengan listrik, maka segera cabut dari sumber listrik. Tentunya ini untuk menghindari terjadinya korsleting atau juga menghindari tersetrum arus listrik.

2. Matikan HP

Jika saat HP berhasil dievakuasi dan kamu cek masih dalam keadaan hidup, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan HP tersebut. Tentu saja hal ini memiliki alasan tersendiri.

Saat HP menyala dalam kondisi basah, maka dikhawatirkan dapat terjadi arus pendek pada sistem perangkat keras HP dan akan berdampak pada kerusakan komponen. Tentu saja kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Selain mematikan HP, sebaiknya kamu juga melepaskan beberapa hal lainnya. Apabila baterai yang digunakan bukan merupakan baterai tanam, maka sebaiknya kamu lepas baterai tersebut. Kamu juga bisa melepas micro SD dan juga SIM Card.

3. Keringkan Air yang Masih Ada

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memastikan air yang ada di dalam HP agar kering atau hilang. Kamu bisa melakukan beberapa cara yang umum dicoba oleh kebanyakan orang, seperti menjemurnya, merendam dengan beras dan lainnya.

Jika posisi HP terkena air adalah siang hari, maka kamu bisa memanfaatkan sinar matahari untuk menjemur HP. Namun, saat menjemur pastikan kamu menghadapkan layar HP ke posisi bawah untuk menghindari kerusakan pada layar.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan beras atau silica gel untuk bisa menyerap sisa air yang tersisa. Kamu cukup membuka casing HP dan kuburkan HP dalam beras atau silica gel selama beberapa jam. Jika air dirasa sudah benar-benar hilang, maka kamu boleh mengambilnya kembali.

Tips tambahan dari salah satu kontributor Teknolagi.ID, dalam proses pengeringan HP ini ada baiknya untuk tidak menggunakan hair dryer. Hal ini dikarenakan udara panas yang dikeluarkan oleh hair dryer dikhawatirkan dapat membuat komponen pada HP menjadi rusak.

Di atas merupakan hal wajib yang harus dilakukan jika kamu mengalami kejadian HP terendam air. Namun, jika dirasa kamu ragu untuk melakukannya sendiri, ada baiknya untuk segera dibawa ke service center terdekat untuk mendapatkan penanganan yang benar dan sesuai standar.

Related Posts

HP Tidak Sengaja Masuk ke Dalam Air? Jangan Panik, Lakukan Beberapa Hal Ini

admin1


Your Signature