• Home
  • |
  • Khasiat Bumbu Dapur untuk Atasi Hipertensi

May 8, 2021

Khasiat Bumbu Dapur untuk Atasi Hipertensi

Bumbu dapur merupakan rempah rempah yang akan membuat hasil racikan dapur Anda terasa nikmat dan menggugah selera. Tetapi siapa sangka ada beberapa khasiat bumbu dapur yang memiliki khasiat untuk atasi hipertensi. Sebagaimana dikutip dari sumber deherba.com berikut ini.

Pilihan untuk memanfaatkan khasiat bumbu dapur untuk atasi hipertensi ini bisa Anda coba. Mudah sekali Anda dapatkan karena memang pada dasarnya semua bahan akan selalu ada di rak dapur Anda. Dan mudah pula untuk diracik sehingga dapat cepat Anda manfaatkan untuk pengobatan hipertensi. Terutama bila Anda membutuhkan terapi cepat atasi hipertensi sementara Anda tidak memiliki obat medis di tangan Anda. Atau bila Anda ingin mendapatkan alternatif pengobatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi dengan cara alami non kimia.

Apa saja sebenarnya bumbu dapur yang terbukti memiliki khasiat untuk atasi hipertensi? berikut beberapa pilihannya menyadur dari informasi pada laman deherba.

Daun salam

Daun salam merupakan salah satu rempah bumbu dapur yang banyak dimanfaatkan dalam hidangan Nusantara. Jadi dapat dipastikan rempah ini dengan mudah Anda temukan di dapur Anda. Dan ternyata terdapat khasiat bumbu dapur ini yang efektif untuk atasi hipertensi.

Terbukti bahwa sejumlah senyawa fitokimia seperti flavonoid, minyak atsiri, terpenoid, potassium, saponin dan tanin memiliki efek baik untuk memperbaiki sirkulasi darah, memberi efek relaksasi pada otot, saraf dan pembuluh darah, membantu memperbaiki elastisitas pembuluh darah dan membantu menurunkan level kolesterol.

Cengkeh

Dalam cengkeh ditemukan komponen fitokimia khas bernama eugenol yang baik untuk memberi efek relaksasi pada pembuluh darah. Bahan ini akan melebarkan pembuluh darah dan membantu melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah pada pengidap hipertensi acapkali tidak berjalan dengan lancar.

Selain itu, komponen flavonoid dan potassium di dalamnya akan membantu memperbaiki keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Juga baik untuk menurunkan level kolesterol serta memperbaiki detak jantung. Kondisi yang seluruhnya relevan dengan keluhan penderita hipertensi.

Kayu manis

Dalam kayu manis ditemukan adanya komponen fitokimia yang sifatnya sebagai astringent dan sebagai relaksasi. Efeknya cukup signifikan untuk membantu memperbaiki pembuluh darah yang mulai kaku dan lapuk. Juga baik untuk menjaga kondisi sirkulasi darah.

Kayu manis juga ditemukan memiliki efek baik untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini sangat penting untuk membantu meningkatkan pemanfaatan kolesterol sebagai energi. Hingga tubuh akan menurunkan kadar kolesterolnya secara alami.

Oregano

Oregano lazim digunakan untuk hidangan khas Mediterania dan Eropa. Aroma harumnya yang khas kerap menjadi penambah rasa pada hidangan daging dan sup. Dan ternyata aroma khasnya ini memberi efek baik. Terdapat khasiat bumbu dapur oregano untuk membantu atasi hipertensi.

Dalam oregano ditemukan komponen kalium, asam rosmarinat, thimol, carcravol, borneol dan beberapa jenis unsur flavonoid. Elemen fitokimia dan mineral ini diketahui baik untuk membantu atasi keluhan penderita hipertensi.

Bawang putih

Hampir semua masakan di dunia memanfaatkan bawang putih sebagai bumbu. Aroma khasnya yang gurih menjadikan hidangan menggoda untuk dinikmati. Tetapi dibalik itu, terdapat khasiat bumbu dapur untuk membantu atasi hipertensi.

Dalam bawang putih ditemukan adanya komponen flavonoid, allicin dan polisulfida yang terbukti membantu melebarkan pembuluh darah dan membantu pasien mengatasi toksin dan residu tubuh yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

Biji pala

Biji pala merupakan salah satu jenis rempah biji bijian yang juga biasanya dimiliki di dapur. Aromanya harum khas menjadikan aroma masakan semakin menggiurkan. Dan ternyata terdapat khasiat bumbu dapur dari biji pala kering untuk dimanfaatkan sebagai terapi atasi hipertensi.

Biji pala menurut keterangan laman mengandung fitokimia seperti fenilpropanoid, terpenes, protokatesin, ferulik dan lain sebagainya. Unsur fitokimia ini membantu Anda untuk lebih rileks dan tenang. Membantu Anda lebih nyaman untuk tidur dan membantu membantu melindungi kesehatan jantung. Menjadikannya efektif dengan khasiat bumbu dapur untuk atasi hipertensi.

Related Posts

Menjaga agar Jantung Tetap Sehat

5 Makanan Sebagai Obat Kanker Usus dan Pencegahnya

Bolehkah Bayi Mengkonsumsi Alpukat?

admin1


Your Signature